MENYOAL KUNJUNGI MENLU RETNO KE AMERIKA

0
741

Jakarta,Tanggal 31 Juli 2021 menlu Retno berangkat ke Amerika Serikat. Sebelumnya wakil menlu Amerika Serikat Sherman datang ke Jakarta tanggal 31 mei 2021 terkait sentralitas ASEAN secara regional dan bilateral. Dan selain ke Jakarta Sherman juga berkunjung ke Thailand, dalam rangka membicarakan keamanan indo fasific. Dari peristiwa itu kemungkinan menlu datang ke Amerika terkait sentralitas Asean secara bilateral dan global, juga termasuk masalah keamanan indopasifik. Dan jika hal tersebut yang menjadikan pembicaraan, maka berarti latihan perang tentara Amerika, yang dengan kekuatan personil kurang lebih 2000 personil di tiga wilayah Indonesia terkait dengan sikap Cina di pulau sparetley dan laut Cina selatan dan tidak heran Biden mengadakan pertemuan dengan komunitas intelijen pad tanggal 25 juli 2021 dan menyebut Jakarta akan tenggelam 10 tahun mendatang. Komentar Biden itu merupakan sinyal peringatan pada pemerintah Indonesia untuk bersikap dalam kasus pulau sparetley dan laut Cina Selatan dan pantas lahir revisi peraturan menteri kumham no 26 tahun 2020 menjadi peraturan menteri kunham no 27 tahun 2021 yang melarang tenaga kerja asing masuk ke Indonesia dan bak gayung bersambut mulai 1 Juli sampai dengan 29 Juli 2021 sudah 20.000 lebih kurang tenaga kerja asing meninggalkan Indonesia melalui Bandara Sukarno- Hatta, termasuk 2.500 tenaga kerja asing Cina.

Dari peristiwa exodusnya tenaga kerja asing dari Indonesia akan berpengaruh per tumbuhan ekonomi dan juga mempengaruhi sikap politik partai pendukung dan para pengusaha pendukung kekuasaan dan tak heran partai pendukung dan pengusaha beralih kepada suksesi kekuasaan serta tidak heran banyaknya permintaan mudur Jokowi sampai issue Jokowi the end.

Dengan situasi yang demikian wajar sebelum PPKM darurat para taipan berkumpul di Sanghai Cina pada tanggal 29 Juni 2021 dan adanya sikap ketua DPRI Puan Maharani yang mebela SBY ketimbang Luhut Binsar panjaitan dalam polemik SBY dengan Luhut terkait PPKM dan adanya blusukan Jokowi ke apotik-apotik bogor, serta hampir semua partai kembali ke konstituen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here