Wakil Rektor III Universitas Cokroaminoto (YAPERTI): Komnas HAM harus berinisiatif membentuk TIM investigasi Independen

0
540

Adanya Penjelasan Kronologi dalam Peristiwa Baku Tembak di Ruas Tol Jakarta-Cikampek Tadi Malam, yang menewaskan anggota 6 anggota FPI, harus ada penyelesaian Hukumnya. Karenanya pihak komnas HAM harus punya Inisiatif membentuk Tim Investigasi Independen, tegas Wakil Rektor III Universitas Cokroaminoto (YAPERTI) dalam wawancara dengan media NSeas tanggal 7 Desember 2020 di bilangan Menteng, Jakarta Pusat

Menurut Elvan yang mana juga seorang Advokat Senior, Menurut Undang-Undang No. 26 Tahun 2000, Komnas HAM mempunyai Hak membentuk Tim AD HOC bersama Masyarakat, ini harus dilakukan Komnas HAM agar informasi dan upaya penegakan Hukum penanganan kasus ini jadi jelas yang memenuhi prinsip Keadilan Sosial, tegas Elvan.

Pemerintah juga harus mendukung Tim AD HOC yang di bentuk Komnas HAM, serta di beri keleluasaan Tam AD HOC tersebut membuka dan menemukan fakta sebenarnya peristiwa tersebut, ujar Elvan.

Elvan juga Menyarankan agar Penyidikan kasus ini ditunda dulu sampai akhirnya Tim AD HOC yang tadi menemukan 2 alat bukti yang cukup sebagaimana diatur dalam KUHAP dan Putusan Mahkamah Konstitusi, jadi prinsip nya alat bukti yang dipakai adalah alat bukti temuan dari Tim AD HOC tersebut, Pungkas Elvan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here