Jelang Bulan Ramadan, Minat Warga Cilincing Untuk Ikut Vaksinasi Covid-19 Meningkat

0
332

MEDIANSEAS. COM – Menjelang bulan suci ramadan 1443 H terjadi peningkatan jumlah peserta vaksinasi Covid-19 di wilayah Kecamatan Cilincing. Dalam waktu satu hari, petugas kesehatan melayani sekitar 2.000 – 2.500 peserta vaksinasi se-Kecamatan Cilincing. Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, dr. Dian Anggrainy mengungkapkan terdapat peningkatan hingga 80-90 % dibandingkan minggu lalu.

“Antusiasme masyarakat yang sangat baik terhadap vaksinasi Covid-19 sebagai upaya pengendalian pandemi Covid-19 harus difasilitasi juga dengan pelayanan yang baik. Untuk mendukung hal itu, Puskesmas Kecamatan Cilincing membuka layanan vaksinasi mulai Senin-Jumat pukul 08.00-12.00 wib. Sedangkan layanan kesehatan di Puskesmas Kelurahan dibuka mulai Senin-Sabtu pukul 08.00-12.00 wib,” terang dr. Dian saat ditemui di Puskesmas Kecamatan Cilincing, Kamis (31/3).

Ia menjelaskan dalam kurun waktu satu minggu terakhir ini juga terjadi peningkatan jumlah peserta vaksinasi booster. “Adanya peningkatan juga bisa dilihat pada hasil kegiatan vaksinasi hari ini dimana ada 112 orang yang divaksinasi dosis pertama, 200 orang untuk dosis kedua, dan 2.881 orang yang divaksinasi booster. Jenis vaksin booster yang digunakan yaitu Pfizer, Astra Zeneca, dan Moderna,” ungkapnya.

Hingga saat ini, capaian vaksinasi Covid-19 di wilayah Kecamatan Cilincing untuk dosis pertama sudah 83,68%, dosis kedua 74,63%, dan dosis ketiga atau booster sekitar 18,91%. “Semoga dengan ikhtiar bersama ini dapat menekan laju kasus Covid-19 dan menciptakan herd imunity sehingga kasus Covid-19 khususnya di Kecamatan Cilincing dapat terkendali,” harap Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing.

Kebijakan pemerintah yang akan memberlakukan sertifikat vaksinasi dosis kedua dan booster sebagai persyaratan untuk perjalanan mudik lebaran ternyata mampu mendongkrak minat masyarakat untuk divaksinasi Covid-19 secara lengkap.

“Dari pagi saya sudah datang dan antri untuk divaksinasi booster. Rencananya, nanti mau mudik ke Yogyakarta jadi harus lengkap sertifikat vaksinasinya. Tadi saya disuntik vaksin booster Pfizer dan ternyata layanannya sangat cepat bahkan setelah divaksin, update sertifikat vaksinasinya bisa langsung terlihat di aplikasi Peduli Lindungi hanya dalam hitungan beberapa jam,” ujar Fitri, warga Kelurahan Semper Timur. (Jhon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here