PROBLEM DASAR DAN KRITERIA PEMIMPIN INDONESIA

0
137

Oleh. Prof.Dr.San Afri Awang

Sudah 73 tahun Indonesia merdeka dan sudah banyak yang dicapai oleh Negara Indonesia. Menjalankan pemerintah harus mengikuti norma dan aturan yaitu pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945. Tentu saja masih banyak juga hal hal yang harus terus diperjuangkan untuk membangun ekonomi, kesejateraan masyarakat, demokrasi, lingkungan hidup yang baik, pendidikan, kesehatan, kedaulatan negara, agar sama tinggi dengàn negara negara maju di dunia. Membangun dan mempertahankan kebudayaan dan jati diri bangsa merupakan hal penting untuk mem bangun indonesia raya ke depan.

Berfikir futuristik tentang indonesia harus mampu merumuskan masalah negara indonesia saat ini. Beberapa masalah dasar yg dihadapi oleh negara indonesia antara lain:
(1) masih ada sekitar 10-12% penduduk indonesia yg hidup di bawah garis kemiskinan;(2) penataan ulang pemanfaatan sumberdaya alam; (3)konglomerasi usaha semakin menguat; (4) nasionalisme menurun di seluruh lapisan masyarakat; (5) stabilitas ekonomi belum menguat; (6)ancaman disintegrasi menguat karena rasa keadilan terusik; (7) implementasi nilai luhur pancasila dan UUD1945 melemah;(8) keadilan sosial bagi rakyat belum semakin baik; (9) keadilan hukum belum membaik, dan (10) tata kelola pemerintahan belum menggembirakan.

Bagaimana memilih calon pemimpin indonesia ke depan? Itu pertanyaan mendasar dari upaya mencari pemimpin.

Saat ini memasuki tahun politik dan tulisan ini datang dari salah satu anak bangsa yg ingin menyumbangkan pikirannya untuk indonesia tercinta. Calon pemimpin nasional harus minimal mampu menyelesaikan 10 masalah dasar negara indonesia rersebut. Menurut kami kriteria calon pemimpin tersebut adalah sebagai berikut:
(1) mengerti benar tentang masalah indonesia, (2) dekat dengan pemikiran kerakyatan, (3) mampu menjaga aset nasional dan mampu menata ulang aset yang dikuasai asing, (4) tegas, berani, dan berintegritas tinggi secara internasional, (5) mampu menjaga kedaulatan NKRI,(6) Mampu menjalankan dan menjaga nilai nilai pancasila dan UUD 1945, dan (7) diterima oleh mayoritas penduduk, aliran agama dan mayarakat sipil.

Dari kriteria tersebut kita cari tokoh yang dikenal reputasinya oleh publik. Banyak nama nama yg bisa kita sebut antara lain…..Joko Widodo, Ryamizard Ryakudu, Susilo Bambang Yudoyono, Prabowo Subiyanto, Ahmad Hermawan, Amin Rais, Teras Narang, Yusril Ihzamahendra, Siti Nurbaya, Anis Baswedan, Muldoko, Gatot Nurmantyo..dan masih banyak nama lainnya.

Intinya adalah mencari pemimpin nasional untuk Presiden dan Wakil Presiden harus dengan kriteria yg jelas yaitu yg mampu menyelesaikan masalah dasar negara Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here