AL KHALIK GREAT DESIGNER

0
314

Oleh Prof Awang

Sejak tahun 1972 negara bangsa dunia berkomitmen melakukan pembangunan yg berkelanjutan untuk menjaga alam semesta dan bumi dari kerusakan yg berlanjut dan menghancurkan umat manusia.

Segala macam upaya negara negara dunia untuk menyatukan pandangan perlunya mekanisme pembangunan bersih CDM, kyoto protokol, dan terakhir climate change meeting sampai pertemuan UNFCCC ke 25. Hasil paling monumental adalah paris agreement yg diratifikasi menjadi undang undang di masing masing negara. Tekan kenaikan suhu bumi di bawah 2 derajat C….hasilnya? Dari meeting ke meeting, realisasi tindakan masing masing negara tidak signifikan, industri tetap berjalan, deforestasi berjalan, setiap negara berusaha membuat laporan yang menyenangkan ke unfccc. Belum ada tanda tanda paris agreement akan berhasil. Ini habya sebuah cerita singkat.

Pandemi covid19 yg disebabkan oleh makhluk kecil membuat lebih dari 220 negara dunia terkesan setengah. lumpuh dan lumpuh terutama geliat ekonomi menjadi sangat terganggu. Hasil sebuah survei baru-baru ini di Indonesia menunjukkan bahwa telah terjadi penurunan daya beli rakyat 70%, tabungan hanya cukup untuk seminggu dll.

Ada sisi yang mengembirakan dari dampak pandemi covid19 ini antara lain: udara di perkotaan kebih bersih krn polusi industri sangat berkurang..karena industri istirahat, melalui paris agreement tidak bisa menghentikan industri, lapisan ozon yang bolong menurut info dari lembaga penelitian mulai menutup, konsumsi energi fosil menurunm. Saat ini bumi sedang berikhtiar dan bertasbih pada Sang creator alam semesta, bumi sedang berproses mengembalikan fungsi standarnya memberika kehidupan yg layak pada ummat manusia. ALLAH berjanji akan memelihara segala sesuatu yang ada di langit dan bumi. Semua agreement antar negara tidak mampu menjadikan bumi dan alam semesta kembali normal. Perspektif ilahiah dan perspektif science sekaranglah saat nya dibuktikan oleh kita semua. Jika kita percaya dan iman pada Allah saja maka pandemi covid19 harus dilihat sebagai peringatan dari alam semesta dan penciptanya bahwa kita harus ada kendali dalam kehidupan ini. Renungan ini untuk mereka yang.mau merenung ,tafakkur dan mencari solusi.

Mari kita lawan covid19 dengan jaga kesehatan tubuh, jaga imunutas, berolahraga, cuci tangan dg sabun , jaga jarak sosial, jaga jarak fisik, ikuti anjuran pemerintah, kerja dari rumah, dan diam dirumah saja sementara. Salam sehat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here